Pengertian dan Contoh Majas Simile


Pengertian dan Contoh Majas Simile - Majas simile merupakan sebuah pengungkapan dengan gaya bahasa lisan atau tertulis yang menerangkan mengenai suatu hal dengan hal lainnya dengan cara membandingkan secara eksplisit. Pada penerapannya dalam kalimat, majas ini melakukan perbandingan dengan menggunakan konjungsi (kata hubung) bagaikan, bak, laksana, seperti, layaknya, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh majas simile dalam kalimat beserta penjelasannya :

Contoh 

1. Pak Sulaiman mempunyai rumah yang teramat megah bagaikan istana kerajaan.
Penjelasan :
Pada kalimat contoh pertama di atas, majas simile ditunjukkan pada adanya perbandingan antara dua hal yang berbeda. Perbandingan tersebut dilakukan dengan menjelaskan satu hal dengan hal lainnya secara eksplisit. Pada kalimat juga menggunakan kata hubung yang merupakan salah satu indikasi dalam unsur majas simile dalam kalimat yakni “bagaikan.

2. Nada-nada petikan dawai indah yang dibawakan oleh gitaris itu sangat memukau hati bagaikan sedang berada di dalam nirwana.
Penjelasan :
Pada kalimat di atas terdiri atas dua hal yang berbeda yakni pada penggalan kalimat “nada-nada petikan dawai indah yang dibawakan oleh gitaris” dan “berada di dalam nirwana.” Unsur majas simile pada kalimat ditunjukkan dengan adanya upaya penjelasan maksud, esensi, dan tujuan penggalan kalimat pertama yang dijelaskan oleh penggalan kalimat kedua. Disamping itu penggunaan konjungsi (kata hubung) “bagaikan” turut memperkuan adanya unsur majas simile dalam kalimat.

Selanjutnya perhatikan beberapa contoh majas simile dalam kalimat 3 – 33 berikut!

3. Pada saat ibu Eva marah-marah, suaranya menggelegar seperti gemuruh guntur ketika hujan deras sedang turun.
4. Pak Warsiman adalah salah satu tokok masyarakat yang kaya raya, ia memiliki rumah yang sangat megah seperti istana kerajaan.
5. Secangkir kopi racikan barista itu amat pahit, rasanya seperti meminum ramuan obat cina.
6. Kalau nenek itu sudah marah, ocehannya tak berbeda seperti suara knalpot tua.
7. Joni selalu ingin menindas adik kelas yang lebih lemah secara fisik dengannya, sifatnya seperti singa buas yang ingin menerkam siapa saja yang lemah.
8. Pada saat Lina sedang berbicara seolah ada irama nada yang mengiringinya ketika berbicara seperti seseorang yang tengah bernyanyi.
9. Zubaidah memiliki rambut bergelombang yang indah bagaikan gulungan-gulungan ombak kecil di pinggiran pantai.
10. Pada saat bu Sunarti sedang mengawas ujian sekolah, matanya membelalak tajam seperti elang yang sedang menyasar mangsanya.
11. Setiap otot yang terdapat dalam tubuhnya seperti tumpukan beton yang tersusun dengan padat.
12. Lihatlah pemimpin yang baru ini, sepertinya kita telah membeli kucing di dalam karung!
13. Lelaki itu sangat santun dan ramah, siapa sangka ia adalah seorang pegulat profesional yang mampu bertarung seperti serigala buas di tengah hutan rimba.
14. Tubuhnya begitu atletis seperti atlet binaragawan.
15. Ferdi tak segan-segan mengorbankan temannya sendiri jika sedang terdesak seperti ikan lele yang setiap saat dapat berperilaku kanibal ketika tak kunjung mendapatkan makanan.
16. Bocah nakal itu sudah tak mempan oleh nasehat dari siapapun, hati dan kepalanya telah mengeras seperti batu.
17. Pada hakekatnya seseorang yang memiliki kualitas ideal adalah sebagaimana seekor lebah yang hanya memasukkan hal-hal baik ke dalam mulutnya dan mengeluarkan hal-hal baik pula yang memiliki kebermanfaatan yang besar.
18. Pak Lurminto bersipa-siap menuju ladangnya dengan membawa parang besar layaknya seorang pejuang kemerdekaan yang mengangkat senjata di medan peperangan.
19. Pak lurah memiliki dua anak kembar yang cantik jelita seperti puteri raja.
20. Dito adalah seorang anak balita yang jika sedang merajuk, tangisannya seperti lolongan serigala yang memecah keheningan malam.
21. Mobil baru milikku ini mampu melaju kencang seperti seekor kuda yang dipacu oleh penunggang profesional.
22. Dosen yang baru ditugaskan mengajar itu memiliki paras wajah yang tampan oriental, seperti aktor drama serial korea.
23. Hatiku teramat hampa dan kering kerontang saat ini, bagaikan suasana di sekeliling gurun pasir.
24. Kulitmu sangat lenut seperti kulit bayi, sebenarnya produk apa yang kau gunakan?
25. Suaramu itu bagaikan kaleng kerupuk yang dipukul oleh anak-anak, maka berhentilah bernyanyi!
26. Teh racikanmu begitu manis, aku seperti meminum larutan gula tanpa dicampur sedikitpun bahan lainnya.
27. Saluran air di wilayah jalan pramuka itu bocor sehingga airnya berhamburan ke langit, seperti air mancur yang berada di taman kota.
28. Kami membuat acara perayaan kelulusan dengan menyalakan kembang api yang menyerupai lukisan indah ketika benda itu bertebaran di langit.
29. Bisa jadi karena komitmennya untuk menjaga wudhu, wajahnya senantiasa bercahaya bagaikan rembulan di malam hari.
30. Tulisan tanganmu amatlah buruk, seperti coretan yang tertera di atas resep dokter.
31. Maaf saja jika kau tidak terpilih dalam ajang pencarian bakat ini, suaramu disaat nada tinggi seperti seeokor kucing yang terinjak ekornya.
32. Para penderita AIDS sudah tidak memiliki harapan lagi untuk hidup lebih lama, nasibnya seperti sebatang lilin yang makin lama akan semakin habis terbakar api.
33. Gini ini terasa sangat nyeri, seakan ribuan jarum menusuk-nusuk pada bagian dalam mulut itu.

Pengertian dan Contoh Majas Simile Pengertian dan Contoh Majas Simile Reviewed by Yoga Winando on April 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.