Pengertian dan Contoh Majas Eufimisme


Pengertian dan Contoh Majas Eufimisme - Majas merupakan sebuah pengungkapan dengan gaya bahasa kiasan yang diutarakan dalam bentuk bahasa tulis ataupun lisan dengan tujuan memperkuat makna esensial serta menambah cita rasa atau kesan tertentu dalam penyampaiannya. Majas terdiri atas bermacam-macam jenisnya salah satu diantaranya ialah majas eufimisme.

Majas eufimisme ialah sebuah pengungkapan bergaya bahasa lisan ataupun tertulis yang mengutarakan maksud serta tujuannya dengan menggunakan ungkapan kata yang diperhalus untuk mengungkapkan sebuah peryataan yang pada umumnya masih dianggap tabu oleh khalayak umum. Perhatikan beberapa contoh majas eufimisme dalam kalimat berikut ini :

1. Pak Warno masih tetap berupaya untuk shalat berjamaah di masjid meskipun dirinya menyandang status tuna netra.
Penjelasan :
Pada kalimat contoh di atas, majas eufimisme dinyatakan dalam penggunaan istilah “tuna netra” yang memiliki makna seseorang yang memiliki keterbatasan dalam hal penglihatan (tidak bias melihat / buta). Penggunaan istilah “tuna netra” pada kalimat memiliki maksud untuk memperhalus penuturan dengan memperhatikan aspek-aspek kesantunan.

2. Bertahun-tahun sudah keluarga Pak Harioyono menjadi tuna wisma pasca perusahaannya bangkrut dan segala harta bendanya di sita oleh bank.
Penjelasan :
Majas eufimisme pada kalimat contoh di atas ditunjukkan pada penggunaan istilah “tuna wisma” yang merujuk pada pemaknaan orang yang tidak memiliki tempat tinggal (rumah). Istilah “tuna wisma” memiliki kesan kesantunan yang lebih halus jika dibandingkan dengan penggunaan istilah lain, sehingga dianggap perlu untuk menggunakan istilah tersebut dalam penuturan.

Selanjutnya perhatikan kembali beberapa contoh majas dalam kalimat berikut!

3. Asrama Kerlingan Indah Bandar Lampung hanya dikhususkan bagi para penyandang tuna rungu saja. (seseorang yang tidak mampu meihat / buta)
4. Dino berprofesi sebagai penulis lepas pasca mengundurkan diri sebagai kuli tinta di harian Teropong Sumatera. (wartawan)
5. Siswa kelas 5 SD penyandang tuna netra itu telah menghapal setidaknya 23 juz Al-Qur’an. (seseorang yang memiliki keterbatasan dalam hal penglihatan)
6. Mirna berprofesi sebagai pramusaji di restoran masakan khas Lampung yang berada di sekitaran wilayah kecamatan Kemiling. (pelayan restoran)
7. Luna saat ini bekerja sebagai pramuniaga setelah berhenti dari pekerjaannya yang dulu yakni sebagai karyawan swasta. (profesi dalam bidang perdagangan/penjualan
8. Mohon maaf, bolehkah saya pergi ke belakang sebentar saja? (kamar mandi/toilet)
9. Karena sebuah pelanggaran serius, Pak Sariman dibebastugaskan dari kepolisian Tanjung Karang Barat. (diberhentikan / dipecat)
10 Tak ada yang menyangka bahwa gadis manis itu merupakan penyandang tuna wicara.
11. Sebagian besar para penyandang tuna netra berprofesi sebagai tukang pijat dan pengamen jalanan. (tidak mampu melihat / buta)
12. Hampir sebagian besar penyandang tuna netra memiliki kelebihan sensitivitas pada indera lainnya yakni pada pendengara, peraba, dan penciuman. (seseorang yang memiliki keterbatasan dalam hal penglihatan/buta)
13. Hermawan Sutiono yang merupakan anggota legislatif dari Partai Pembangunan Indah Berseri (PPIB) dibebastugaskan dari lembaga wakil rakyat karena telah melakukan pelanggaran kode etik yang cukup berat yakni dalam hal penyalahgunaan narkoba. (dipecat/diberhentikan)
14. Rumah makan itu mempekerjakan setidaknya sebanyak tiga puluh orang pramusaji. (pelayan di sebuah restoran/rumah makan)
15. Pramuniaga sebuah perusahaan penjualan sepeda motor India itu berkeliaran di sekitaran jalan Imam Bonjol Bandar Lampung dalam rangka menawarkan produk terbaru mereka. (profesi di bidang penjualan)
16. Nenek Sutinem telah menghadap Ilahi pada pukul 03.00 WIB pada hari ini. (meninggal dunia)
17. Heriawan memiliki kemampuan menganalisa data keuangan yang luar biasa meskipun ia adalah seorang tuna wicara. (orang yang memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran/tuli)
18. Beberapa mantan wanita tuna susila di kampung Rambutan telah memulai merintis sebuah usaha rumahan yakni pengolahan tumbuhan enceng gondong menjadi kerajinan tangan. (pekerja seks komersial)
19. Faisal hampir saja menjadi seorang tuna netra pasca kecelakaan mobil yang dialaminya minggu lalu, meskipun dirinya mengalami gangguan penglihatan serius. (orang yang memiliki keterbatasan dalam hal penghlihatan/buta)
20. Boris kini menjalani profesi sebagai debt collector setelah memutuskan untuk berhenti dari kebiasaan judi dan mabuk-mabukan. (penagih hutang)
21. Virna memiliki paras yang cantik jelita dan postur tubuh yang indah, tak heran kini dirinya menjadi salah seorang pragawati ternama di kota Bandar Lampung. (profesi modeling)
22. Joni kini menjadi warga binaan di lembaga pemasyarakatan pinang kumpul kabupaten Lampung Selatan. (tahanan kriminal)
23. Tuntutan keterbutuhan hidup seringkali dijadikan alasan bagi para wanita tuna susila untuk menjalani aksi mereka. (pekerja seks komersial)
24. Banyak diantara para kuli tinta yang tidak menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik dalam menjalani profesi mereka. (profesi wartawan)
25. Karena sebab kecelakaan beruntun tempo hari yang dialami oleh Heni, kini gadis malang itu harus menerima kenyataan bahwa dirinya kini adalah seorang penyandang tuna netra. (orang yang memiliki keterbatasan dalam hal penghlihatan / buta)
26. Sudirman bertekad akan menjadi seorang pengusaha besar setelah beberapa lama ia menjadi seorang pramuniaga. (profesi di bidang penjualan)
27. Pramusaji tampan itu sangat ramah dalam melayani tamu-tamunya. (profesi khusus yang melayani tamu di restoran atau rumah makan)
28. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jikalau kurang berkenan, saya hendak mengundurkan diri dari perusahaan ini esok pagi. (memutuskan hubungan kerja
29. Terjadinya penurunan nilai mata uang rupiah dipicu oleh adanya komoditi uang yang dilakukan oleh perbankan dan para lintah darat. (renternir)
30. Para penyandang tuna rungu yang terdiri atas remaja pria dan wanita itu berkomunikasi dengan isyarat khusus. (tidak dapat mendengar/tuli)
Pengertian dan Contoh Majas Eufimisme Pengertian dan Contoh Majas Eufimisme Reviewed by Yoga Winando on April 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.