Kiat Belajar Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing


Kiat Belajar Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing - Seiring dengan berkembangnya zaman, turut pula diikuti oleh perkembangan berbagai bahasa di berbagai belahan dunia. Terlebih di era globalisasi dan internasionalisasi seperti sekarang ini yang menuntut adanya progresivitas dalam setiap lini tak terkecuali dalam hal bahasa. Kemajuan zaman menuntut masyarakat untuk dapat memahami berbagai bahasa selain dari bahasanya sendiri (bahasa lahir). Sebagai contoh, warga Negara Indonesia sejak beberapa decade telah mempelajari berbagai bahasa asing seperti arab, inggris, perancis, german, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut berlaku pula bagi warga Negara asing yang juga turut mempelajari bahasa diluar yang mereka pahami, salah satunya adalah bahasa Indonesia.

Adapun beberapa hal yang dapat memicu adanya minat belajar bahasa Indonesia yang berasal dari luar negri adalah karena di Indonesia terdapat keindahan alam yang subur, tatanan populasi penduduk, letak geografis, serta nilai budaya yang sangat kaya. Selain itu karena terdapat beberapa perusahaan asing yang menginvestasikan saham sehingga dapat memberikan alasan para pelajar asing untuk mempelajari bahasa Indonesia secara berkala. Berdasarkan sejarah pada awal tahun 1999, saat itu bangsa Indonesia mengalami krisis ekonomi dan moneter. Dilanjutkan dengan krisis politik dan kepemimpinan yang dihadapi bangsa Indonesia sehingga menyebabkan peminat belajar bahasa Indonesia mengalami pengurangan. Dengan demikian seiring berkembangnya zaman peminat belajar bahasa Indonesia dapat berangsur-angsur mengalami peningkatan yang cukup tinggi.
Perlu diketahui bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran bahasa asing yang dipelajari. Data terakhir menyebutkan bahwa bahasa Indonesia saat ini telah menjadi salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari selain dari bahasa asing lainnya di luar negeri.  Seperti misalnya di Australia, Arab Saudi, Malaysia, Inggris, Amerika, Jepang, dan lain sebagainya

A. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Metode pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari bahasa Indonesia sangat menentukan keberhasilan seseorang untuk mengetahui kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan demikian untuk orang asing dalam mempelajari bahasa Indonesia memerlukan metode khusus agar dapat dengan mudah memahami bahasa Indonesia. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa metode yang bisa diterapkan untuk mempelajari bahasa Indonesia yang dapat digunakan sebagai metode pengantar atau dasar bagi orang asing.

a. Metode Pembelajaran Secara Produktif

Pada metode pembelajaran bahasa Indonesia secara produktif ini pemula sangat ditekankan dalam hal berbicara dan menulis. Dengan adanya penekanan untuk berbicara dan menulis tersebut dapat mengarahkan kepada pembelajar asing mampu mempraktikkan gaya bahasa Indonesia yang tepat dengan melafalkannya, selain itu dapat merealisasikan ide atau gagasan yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan. Harapan dengan diterapkannya metode pembelajaran secara produktif tersebut mampu menghasilkan gagasan atau ide ilmiah yang dapat disampaikan melalui tulisan dengan bahasa yang komunikatif. Artinya, ketika seorang pelajar asing dapat menyampaikan bahasa secara komunikatif maka dapat menumbuhkan respon terhadap lawan bicaranya. Hal ini dapat memicu pelajar asing dapat memahami bahasa Indonesia dengan benar dan dapat memperlancar ketika berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.

b. Metode Pembelajaran Secara Kuantum 

Metode pembelajaran secara kuantum merupakan jenis pendekatan model pembelajaran yang termodifikasi dari metode Freire dan Lozanov. Metode pembelajaran tersebut mengutamakan pengefisienan belajar secara cepat dan memanfaatkan cara dengan interaksi partisipasi yang berasal dari peserta didik itu sendiri dengan meninjau potensi pada setiap pelajar asing dalam keadaan penguasaan materi. Oleh sebab itu, medote Quantum Learning ini sangat menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri yang manjadi ciri khas tersendiri dari metode kuantum untuk setiap para pembelajar asing. Secara umum pembelajaran secra kuantum merupakan suatu proses kegiatan belajar dan mengajar yang bersifat kompleks. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk setiap pemikiran, tindakan, kata, dan asosiasi, serta sampai mana guru mampu mendidik hingga dapat merubah lingkungan, presentasi, dan rencana pengajaran maka tolak ukur keberhasilan dapat di lihat pada saat proses belajar berlangsung.


c. Jenis Pembelajaran Melalui Diskusi

Diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran yang memanfaatkan interaksi dalam suatu kelompok belajar. Dengan adanya kelompok diskusi ini diharapkan mampu saling bertukar ide atau wawasan yang betujuan untuk mencari suatu solusi dari permasalahan, dapat menjawab suatu pernyataan, memberikan tambahan wawasan, dan mampu menyimpulkan suatu keputusan secara bersama-sama. Oleh sebab itu, ketika pelajar asing mempelajari bahasa Indonesia dengan model diskusi ini dapat terjadi secara langsung dan bersifat selalu merujuk kepada pelajar asing untuk berargumen dengan bahasa Indonesia. Model pembelajaran diskusi sangat menekankan untuk para pelajar asing selalu aktif berbicara dengan anggota kelompok lainnya. Model pembelajaran diskusi dapat dikatakan sistem pembelajaran yang berjalan secara langsung dikarenakan untuk setiap tutor yang mengajar merumuskan tujuan yang harus diperoleh melalui diskusi, disamping itu juga tutor dapat mengamati aktivitas pelajar asing dan bisa menyimpulkan keberhasilan kegiatan belajar mengajar secara langsung. Model diskusi terpusat kepada para pembelajar asing dikarenakan secara keseluruhan materi pembelajaran berasal dari murid itu sendiri, sehingga menuntut untuk setiap murid aktif dan mampu memicu dalam meningkatkan kinerja belajar dan dapat merumuskan serta menyimpulkan dari bahasan permasalahan melalui diskusi kelompok.


Sumber :

Kiat Belajar Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing Kiat Belajar Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing Reviewed by Yoga Winando on April 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.