Tahapan Mekanisme Kegiatan Ekonomi dalam Cakupan Pranata Sosial


Tahapan Mekanisme Kegiatan Ekonomi dalam Cakupan Pranata Sosial - Lembaga Ekonomi adalah salah satu wadah dari lembaga sosial / pranata sosial / lembaga masyarakat yang bergerak dalam bidang industri barang dan jasa dengan orientasi provit. Lembaga ekonomi secara umum memiliki sebuah aturan atau norma yang bersifat baku yang tertuang di dalam sebuah sistem. Sistem ini dinamakan dengan sistem ekonomi.

Sistem ekonomi yang merupakan sebuah usaha dalam pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, seyogyanya harus mampu memenuhi keterbutuhan makanan, minuman, kesehatan tubuh, perlindungan diri, dan lain sebagainya. Adapun tahapan kegiatan dalam pranata ekonomi sebagai berikut :

1. Pengaturan Produksi Barang dan Jasa

Produksi dapat diartikan sebagai kegiatan pengadaan barang dan jasa yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Produksi mencakup kegiatan untuk mempertinggi faedah barang, baik secara langsung atau tidak, untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Untuk melakukan proses produksi diperlukan unsur-unsur produksi, antara lain alam, tenaga kerja, modal, dan manajemen. Alam memberikan bantuan yang sangat besar terhadap proses produksi. Alam inilah yang menyediakan bahan dasar untuk diolah manusia.

Dalam proses pengadaan barang dan jasa atau produksi, diperlukan adanya tenaga kerja. Tenaga kerja diartikan sebagai suatu kegiatan / aktivitas manusia secara fisik ataupun non-fisik yang dilakukan untuk kepentingan proses produksi. Misalnya saja dalam sebuah lembaga ekonomi yang bergerak dalam bidang industri media cetak. Seorang wartawan melakukan kegiatan produksi dengan cara mencari, menulis, dan menyusun berita menjadi sebuah artikel informatif yang dapat dinikmati oleh masyarakat pembaca. Dalam cakupan pranata ekonomi, wartawan tersebut merupakan salah satu tenaga kerja yang melakukan suatu aktivitas produksi.

2. Distribusi Barang dan Jasa

Distribusi adalah sebuah aktivitas penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Penyaluran barang dan jasa ini mencakup tiga pihak yang saling mempengaruhi, yaitu produsen, perantara, dan konsumen. Untuk memperlancar penyaluran barang dan jasa tersebut digunakan berbagai cara. Cara yang paling umum digunakan adalah pertukaran ekonomi, yaitu suatu kegiatan pengalihan atau pertukaran barang dan jasa yang diatur oleh ketentuan-ketentuan dalam kebudayaan yang bersangkutan.

Faktor yang terpenting dalam pertukaran barang dan jasa adalah adanya transaksi antara orang-orang yang mengadakan barter. Transaksi dalam pertukaran ekonomi terdapat tiga model, yaitu pasar, resiprositi, dan redistribusi. Resiprositi adalah pertukaran barang berdasarkan hak dan kewajiban yang mereka sepakati bersama. Penekanan sistem ini adalah kesadaran terhadap kewajiban untuk membalas pemberian barang dan jasa tanpa harus ditentukan harganya. Adapun kekhasan sistem redistribusi adalah adanya pusat pengumpulan atau penerimaan berdasarkan ketentuan hak dan kewajiban yang disepakati bersama. Usaha penyaluran barang dan jasa tersebut secara keseluruhan diatur oleh norma-norma yang harus ditaati oleh produsen, perantara maupun konsumen.

3. Konsumsi Barang dan Jasa

Konsumsi adalah sebuah aktivitas penggunaan, pemakaian, atau pendayagunaan barang dan jasa baik secara langsung ataupun secara bertahap (berangsur-angsur) oleh setiap anggota masyarakat. Kehidupan yang layak itu diantaranya ditentukan oleh pemenuhan barang dan jasa secara kuantitas ataupun kualitas yang cukup memadai. Standar hidup layak sangat ditentukan oleh tiga faktor diantaranya ialah pendapatan, tersedianya barang dan jasa, dan tingkat barang dan jasa.

Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam hidup, manusia perlu untuk melakukan penyesuaian antara pendapatan dengan kebutuhan. Penghasilan yang terbatas dan kebutuhan yang tidak terbatas ini mengharuskan orang mengatur hidupnya secara terencana.
Tahapan Mekanisme Kegiatan Ekonomi dalam Cakupan Pranata Sosial Tahapan Mekanisme Kegiatan Ekonomi dalam Cakupan Pranata Sosial Reviewed by Yoga Winando on Maret 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.