Penjelasan Rangkaian Listrik dan Hukum I Kirchoff

Rangkaian Listrik dan Hukum I Kirchoff  - Listrik tersusun dari beberapa rangkaian sehingga dapat menghubungkan rangkaian satu terhadap lainnya. Selain itu juga dalam aliran atau arus listrik terdapat hukum (teori) yang menjelaskan prinsip kerja dari arus listrik tersebut.

A. Rangkaian Listrik

Ketika saklar dimatikan, maka semua lampu padam. Hal ini dikarenakan lampu-lampu itu disusun dengan rangkaian seri. Sedangkan, alasan dibuat banyaknya saklar di rumah adalah untuk menghindari terhentinya semua aliran listrik jika mematikan lampu. Banyaknya saklar menunjukkan bahwa rangkaian yang digunakan adalah rangkaian paralel.

1. Rangkaian Seri


Rangkaian seri adalah penyusunan komponen-komponen listrik secara berderet. Rangkaian seri dibuat untuk membagi-bagi beda potensial sekaligus memperbesar hambatan listrik. Karenanya, rangkaian seri jarang digunakan untuk merangkai komponen listrik di rumah-rumah. 


Jika suatu hambatan listrik dirangkai seri, maka kuat arus yang mengalir pada masing-masing hambatan akan sama besar, meskipun hambatan masing-masing komponen berbeda. Sehingga, pada rangkaian ini berlaku: 


Jadi, untuk n buah hambatan yang disusun seri, maka hambatan penggantinya adalah Rtot = R1 + R2 + R3 + ... + Rn.

2. Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah penyusunan komponenkomponen listrik secara berjajar. Rangkaian ini berfungsi untuk membagi-bagi arus dan memperkecil hambatan listrik. Jika suatu hambatan listrik dirangkai paralel, maka beda potensial pada masing-masing hambatan akan sama besar sehingga pada rangkaian ini berlaku:


B. Hukum I Kirchoff

Pada pembahasan rangkaian listrik telah disebutkan bahwa arus listrik yang mengalir di setiap hambatan pada rangkaian seri sama besar. Sedangkan, arus listrik pada rangkaian paralel sebanding dengan beda potensial dan berbanding terbalik dengan hambatan resistornya. Hubungan antara arus yang mengalir dan rangkaian hambatan listriknya pertama kali ditemukan oleh ilmuwan fisika bernama Kirchoff. Kesimpulan dari hasil penelitiannya yang hingga sekarang dikenal sebagai Hukum Kirchoff, menyatakan bahwa kuat arus yang masuk melalui suatu penghantar sama dengan kuat arus yang keluar dari penghantar tersebut. Kesimpulan ini dapat dituliskan dalam persamaan:

Imasuk = Ikeluar
Penjelasan Rangkaian Listrik dan Hukum I Kirchoff Penjelasan Rangkaian Listrik dan Hukum I Kirchoff Reviewed by Yoga Winando on Februari 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.