Penjelasan Kelompok Tumbuh-tumbuhan - Lumut, Paku dan Berbiji (Spermatophyta)

   
Penjelasan Kelompok Tumbuh-tumbuhan : Tumbuhan Lumut, Tumbuhan Paku dan Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) - Makhluk hidup terbagi atas kelompok hewan (Animalia), Tumbuhan (Plantae), Jamur (Fungi), Monera, dan Protista.

Klasifikasi tersebut didasarkan pada penggolongan lima kingdom yang didasarkan pada karakteristik dari tiap-tiap organisme yang menyusunnya. Dalam hal ini pembahasan akan lebih terfokus pada kingdom plantae atau tumbuh-tumbuhan.

Kingdom Plantae (tumbuhan) dibagi ke dalam beberapa divisio, yakni Lumut (Bryophyta), Paku-pakuan (Pteridophyta), serta tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh, tumbuhan dapat dibedakan lagi atas dua jenis kelompok besar, diantaranya yakni tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi lumut (Bryophyta) dan Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang meliputi paku-pakuan (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

Untuk lebih jelas, perhatikan Perhatikan Gambar berikut ini!






a. Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku

 Tumbuhan lumut dan tumbuhan paku adalah tumbuhan yang memiliki spora serta berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Tumbuhan tersebut memiliki klorofil dan berfotosintesis. Habitatnya berupa tempat yang lembap.

Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang memiliki berkas pengangkut dan sudah dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Tumbuhan berpembuluh disebut tumbuhan berkormus. Tumbuhan berkormus terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji mempunyai bunga dan biji. Kormofita berspora tidak mempunyai bunga, misalnya tumbuhan paku (Pteridophyta).

Tumbuhan paku memiliki ciri yaitu memiliki akar, batang, dan daun sejati; tidak berbunga; dan tidak berbiji. Ciri lain dari tumbuhan paku adalah daun muda yang menggulung. Daun tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut sporofil dan ada pula daun yang tidak menghasilkan spora disebut tropofil.

b.    Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dikelompokkan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).

1)    Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae)  Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
-    Berbiji telanjang karena bijinya tidak dibungkus oleh daun buah
-    Alat reproduksi berupa bangun seperti kerucut yang disebut strobilus. Ada dua strobilus, yaitu strobilus jantan dan betina.
-    Batang besar dan berkambium.
-    Berakar tunggang dan serabut.
-    Daun selalu hijau, sempit, tebal, dan kaku.

Contoh tumbuhan berbiji terbuka adalah juniper, cemara, damar,  pinus, melinjo, dan pakis haji.

2)    Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae)
Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) memiliki bakal biji atau bijinya terlindungi oleh daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan yang disebut bunga. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga, jambu, avokad, anggur, dan nangka. Tumbuhan Angiospermae bijinya berada di dalam struktur yang tertutup oleh daun buah, dan memiliki bunga.
Penjelasan Kelompok Tumbuh-tumbuhan - Lumut, Paku dan Berbiji (Spermatophyta) Penjelasan Kelompok Tumbuh-tumbuhan - Lumut, Paku dan Berbiji (Spermatophyta) Reviewed by Yoga Winando on Februari 11, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.