Penjelasan Pemuaian pada Zat Padat, Cair, dan Gas

Penjelasan Pemuaian pada Zat Padat, Cair, dan Gas - Pemuaian ialah suatu peristiwa / kejadian perubahan ukuran pada benda akibat dipengaruhi oleh temperatur dan pertambahan ukuran benda karena mendapat pengaruh dari energi panas (kalor). Perubahan ukuran suatu benda ini meliputi meningkatnya volume, lebar, ataupun bertambah panjangnya benda tersebut. Agar dapat lebih jelas, simaklah penjelasan pemuaian pada zat padat, cair, dan gas berikut ini. 

A. Jenis-Jenis Pemuaian Zat


1. Pemuaian Zat Padat

Seperti halnya suatu rel kereta api yang tadinya lurus lama-kelamaan akan menjadi bengkok karena disebabkan oleh pemuaian. Pemuaian zat padat adalah proses pertambahan panjang, volume, dan lebar yang dipengaruhi oleh kalor. Pemuaian zat padat ini dibagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut :

a. Pemuaian panjang

Pemuaian panjang sangat dipengaruhi oleh tingginya derajat temperatur, panjang mula-mula benda, dan tergantung dari jenis benda tersebut. Sering kita jumpai pada sebuah kabel listrik yang panjang, ketika siang hari nampak lebih memuai atau kendor jika dibandingkan dilihat pada malam hari. Hal ini dapat terjadi karena saat siang hari matahari mampu memberikan energi panas yang bisa menyebabkan kabel tersebut mengalami pemuaian panjang.  Konstanta muai panjang dan nilai-nilai konstanta pada zat memiliki ketetapan yang berbeda, sehingga konstanta ini sangat mempengaruhi besar pemuaian zat.  Secara matematis rumus pemuaian panjang dapat dituliskan :

Untuk mendapatkan materi mengenai pemuaian zat secara lebih lengkap. Silakan unduh melalui link ini.
Penjelasan Pemuaian pada Zat Padat, Cair, dan Gas Penjelasan Pemuaian pada Zat Padat, Cair, dan Gas Reviewed by Ahmad Wibawa on Agustus 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar