Paragraf Eksposisi Proses - Pengertian, Ciri, dan Contoh

Paragraf Eksposisi Proses - Pengertian, Ciri, dan Contoh - Paragraf eksposisi adalah paragraf yang di dalamnya berisikan tentang informasi, pejelasan, atau pemahaman tentang suatu hal yang dipaparkan dalam bentuk penulisan. Paragraf eksposisi memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan secara gamblang tentang suatu topik yang sedang di bahas dalam wacana atau teks.

Ciri-ciri paragraf eksposisi :


1. Terdapat penjelasan secara definitif terhadap suatu istilah dari topik utama yang dibahas dalam wacana atau teks
2. Bersifat informatif dengan perspektif berimbang (obyektif).
3. Di dalam gaya penulisannya tidak terdapat upaya untuk menyakinkan pembaca untuk mempercayai apa yang sedang dibahas dalam teks atau wacana (hanya bersifat informatif).
4. Pada umumnya menyertakan data-data pendukung untuk memperkuat gagasan utama paragraf.
5. Idealnya dapat menjawab 5W1H yakni tentang pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana.

Paragraf eksposisi berdasarkan jenisnya dapat dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya yakni paragraf eksposisi definisi, eksposisi proses, eksposisi ilustrasi, eksposisi perbandingan, dan eksposisi laporan. Dalam bahasan ini akan lebih terfokus pada paragraf eksposisi proses beserta contoh dan penjelasannya. 

Paragraf eksposisi proses ialah paragraf yang menjelaskan tentang prosesi atau langkah-langkah dalam menghasilkan atau melakukan perbuatan tertentu secara runut, jelas, dan terperinci. Agar lebih jelas, perhatikan beberapa contoh paragraf eksposisi proses berikut ini!

Contoh 1 :

Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sangat membutuhkan oksigen untuk bernapas. Oksigen dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan melalui proses photosynthesis. Proses ini tak lain adalah sebuah upaya untuk menghasilkan sumber energi bagi tumbuhan yang dilakukan dengan pemanfaatan sumber energi matahari. Photosynthesis terjadi di dalam daun yang ada pada tumbuan. Dalam proses ini setidaknya terlebih dahulu harus mengumpulkan tiga unsur yakni karbondioksida (Co2), air, dan sinar matahari. Gas Co2 yang ada di sekitar tumbuhan akan diserap melalui stomata yang terdapat pada daun. Sinar matahari akan diserap melalui chlorophyll atau zat hijau pada dedaunan. Sedangkan air yang berada di dalam tanah akan diserap melalui akar hingga menuju daun. Setelah ketiga unsur telah terkumpul menjadi satu, barlah proses photosynthesis dapat dimulai. Co2 dan air selanjutnya akan diuraikan oleh sinar matahari sehingga menghasilkan oksigen dan glukosa. Glukosa akan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber energi sedangkan oksigen akan dikeluarkan sebagai gas buang yang akan dimanfaatkan makhluk hidup lain termasuk manusia untuk bernapas.

Penjelasan :

Paragraf di atas berisikan tentang penjelasan informatif mengenai proses tumbuhan dalam menghasilkan oksigen. Penjelasan pada paragraf dipaparkan dengan sejelas mungkin dengan sistematika mekanisme proses yang jelas. Dengan demikian paragraf di atas tergolong ke dalam paragraf eksposisi proses.

Contoh 2 :

Kopi adalah salah satu minuman populer yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Minumam seduhan biji berwarna hitam kecokelatan ini memiliki cita rasa serta aroma harum yang khas. Minuman kopi berasal dari tanaman biji kopi yang disangrai dengan suhu tertentu sampai warnanya menghitam. Itulah asal mula mengapa minuman ini berwarna hitam kecokelatan. Meskipun kini terdapat beragam cara penyajian kopi, namun secara umum minuman ini disajikan dengan cara diseduh. Kopi dengan cara penyajian ini disebut dengan kopi tubruk. Cara penyajian kopi tubruk sangatlah mudah. Pertama-tama yang perlu disiapkan adalah cangkir, sendok teh, gula, kopi bubuk, dan susu (jika perlu). Campurkan gula, kopi, dan susu ke dalam cangkir! Selanjutnya panaskan air sampai mendidih! Kemudian tuangkan air panas ke dalam campuran kopi dan aduk sampai merata! Kopi susu spesial siap disajikan di waktu santai anda bersama keluarga.  

Penjelasan :

Paragraf di atas berisikan penjelasan informatif mengenai kopi dan tata cara penyeduhannya. Dengan adanya penjelasan informatif serta pemaparan prosesi penyeduhan kopi pada paragraf sudah cukup membuktikan bahwa paragraf di atas merupakan paragraf eksposisi proses.

Contoh 3 :

Artikel berita adalah sebuah teks yang berisikan informasi teraktual seputar peristiwa atau kejadian tertentu. Artikel berita yang baik adalah yang bersifat informatif, edukatif, dan menghibur. Dalam menghasilkan artikel berita yang berkualitas, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun agak berlebihan pula nampaknya jika membuat artikel berita dikatakan teramat sulit. Yang diperlukan hanyalah menjalani prosedur serta proses sesuai dengan mekanisme yang ada. Dalam menghasilkan sebuah artikel berita, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset. Riset dapat dimulai dengan studi pustaka atau mendatangi narasumber. Setelah menentukan narasumber yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan reportase atau wawancara khusus dengannya. Setelah hasil wawancara didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai menuliskan ke dalam tulisan yang selanjutnya disebut artikel berita. Langkah terakhir adalah menyunting artikel yang telah ditulis. Setelah tahap terakhir ini usai dilakukan, maka artikel berita telah siap untuk dipublikasikan. 

Contoh 4 :

Susu kedelai adalah minuman olahan kacang kedelai yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Meskipun bukan termasuk ke dalam jenis susu karena bukan dihasilkan dari kelenjar susu hewan, namun bentuk fisiknya yang hampir menyerupai susu membuatnya lebih populer dengan sebutan susu kedelai. Proses pembuatan susu kedelai mulai dimulai dari biji kacang kedelai utuh yang disangrai ataupun di rebus (sesuai selera). Tahap awal ini akan memperngaruhi cita rasa susu kedelai. Setelah kacang kedelai matang, langkah selanjutnya adalah dengan menggilingnya dengan menggunakan mesin penggiling. Jika pembuatan susu kedelai hanya untuk konsumsi keluarga, maka anda hanya perlu menggunakan blender. Masukkan kacang kedelai, air, dan gula (secukupnya) ke dalam blender! Kemudian haluskan ketiga bahan tersebut hingga larut! Setelah itu tiriskan dengan menggunakan saringan teh dan tuangkan ke dalam gelas! Susu kedelai siap dihidangkan di pagi atau sore hari bersama dengan keluarga tercinta. 

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-serta-contoh-paragraf-eksposisi-proses-definisi-dan-ilustrasi.html
Paragraf Eksposisi Proses - Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Eksposisi Proses - Pengertian, Ciri, dan Contoh Reviewed by Ahmad Wibawa on Agustus 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar