Apa yang Dimaksud Dengan Besaran Pokok dan Besaran Turunan?

Apa yang Dimaksud Dengan Besaran Pokok dan Besaran Turunan?


Dalam bidang ilmu Fisika tidak bisa terlepas dari istilah-istilah besaran untuk menyelesaikan suatu persoalan dalam bentuk pemahaman konsep yang benar. Pengertian dari besaran dalam fisika merupakan sesuatu yang dapat diukur dan mempunyai nilai yang dinyatakan dalam angka dan bentuk satuan yang menyertainya. Sedangkan yang dimaksud dengan satuan ialah sebagai simbol dalam suatu kegiatan pengukuran besaran yang disertai angka dan nilai-nilai tertentu. Dalam satuan tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu satuan baku dan satuan tak baku. Satuan baku, yaitu hasil dari perbandingan dan perhitungan yang menghasilkan hasil yang sama ketika dilakukan oleh beberapa orang. Kemudian, satuan tak baku yaitu hasil dari perbandingan dan yang akan menghasilkan perhitungan yang berbeda jika dilakukan oleh beberapa orang. Contoh besaran dalam fisika meliputi, kecepatan, percepatan, waktu, panjang, suhu, dan lain sebagainya.

A.    Jenis-Jenis Besaran Dalam Fisika
Dalam kajian fisika besaran terdiri dari beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
a.      Besaran Pokok
Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak bisa dijelaskan ataupun dikembangkan dari besaran lain. Adapun golongan besaran pokok dalam fisika adalah sebagai berikut :
Besaran Pokok
Satuan
Lambang Satuan
Panjang
Massa
Waktu
Suhu
Kuat Arus
Intensitas Cahaya
Jumlah Zat
Meter
Kilogram
Sekon
Kelvin
Ampere
Kandela
Mol
m
Kg
s
K
A
Cd
m

b.      Besaran Turunan
Besaran turunan merupakan suatu jenis besaran yang diturunkan dari jenis-jenis besaran pokok. Selain 7 dari besaran pokok tersebut, maka dapat dikatakan besaran turunan untuk satuan lainnya. Berikut ini akan dijelaskan apa saja yang termasuk ke dalam besaran turunan, yaitu sebagai berikut :

Besaran
Satuan
Lambang Satuan
Luas
Kecepatan
Percepatan
Gaya
Tekanan
Usaha
M2
Ms-1
Ms-2
Kgms-2
Kg m-1s-2
Kgm2s-2
A
v
a
F
P
W

Namun biasanya satuan dalam hasil pengukuran atau perhitungan menggunakan satuan Standar Internasional (SI). Dimana yang dimaksud dengan Standar Internasional (SI) itu sendiri merupakan satuan yang telah disepakati keberlakuannya untuk sebuah satuan dari perhitungan dan berlaku di semua negara. Syarat Standar Internasional (SI) meliputi : harus memiliki sifat internasional agar dapat digunakan diberbagai negara, mudah ditiru, dan bersifat permanen (tidak berubah).

Sumber :


Apa yang Dimaksud Dengan Besaran Pokok dan Besaran Turunan? Apa yang Dimaksud Dengan Besaran Pokok dan Besaran Turunan? Reviewed by Ahmad Wibawa on Agustus 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar