5 Contoh Paragraf Akibat Sebab & Pengertiannya

5 Contoh Paragraf Akibat Sebab & Pengertiannya - Paragraf akibat sebab adalah paragraf yang pada kalimat penjelas di awal paragrafnya memuat akibat-akibat yang ditimbulkan oleh suatu hal. Selanjutnya di akhir paragraf terdapat kalimat utama yang di dalamnya memuat pernyataan sebab pada, sekaligus memuat gagasan utama atau ide pokok paragraf. Paragraf akibat sebab menggunakan pola penalaran induktif yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Paragraf akibat sebab pada kalimatnya berpolakan khusus-khusus-umum.

Perhatikan contoh paragraf akibat-sebab berikut!

Contoh 1 :


Taman kota yang semula tertata rapi kini berantakan tak beraturan. Bangku-bangku taman terbalik ke sana ke mari. Tiang-tiang penyangga lampu taman tumbang tak berdaya. Rerumputan hijau rusak tertimpa puing-puing pecahan kaca lampu taman. Kolam air mancur seketika berubah menjadi kubangan air keruh. Ikan-ikan di dalam kolam menggelepak kehabisan oksigen di dalam air yang dangkal dan keruh. Tiap-tiap wahana bermain anak-anak porak poranda dan hancur tak berbentuk. Patung-patung lelaki yang menyunggingkan senyum dan salam sapa hangatnya itu pun kini tak berbentuk lagi. Hanya menyisakan puing-puing reruntuhan tak bernilai. Seketika taman kota yang indah hancur hanya dalam hitungan menit akibat terjangan puting beliung yang terjadi semalam.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas menyatakan adanya hubungan akibat sebab yang ditunjukkan pada kalimat-kalimat penjelas di awal paragraf yang berisikan akibat dari suatu hal. Selanjutnya pada kalimat utama di akhir paragraf berisikan simpulan sebab yang menjadi asal mula dari akibat pada kalimat penjelas di awal paragraf. Pada akhir paragraf juga sekaligus memuat ide pokok paragraf yang terdapat pada kalimat utama yakni “Seketika taman kota yang indah hancur hanya dalam hitungan menit akibat terjangan putting beliung yang terjadi semalam.” 

Contoh 2 :


Perekonomian warga kecamatan Pare, kabupaten Kediri lambat laun mulai terlihat geliatnya. Hanya dalam hitungan waktu yang cukup singkat, permintaan akan barang dan jasa seketika melonjak. Hal tersebut berdampak pada upaya untuk penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Banyak diantara warga sekitar yang membuka usaha penginapan sementara / kost, penyewaan sepeda, penyewaan sepeda motor, kuliner, warung sembako, buku-buku dan alat tulis, warung kopi, oleh-oleh, souvenir, aneka pakaian, dan masih banyak lagi. Geliat perekonomian yang naik secara drastis ini disebabkan oleh lahirnya kampung Inggris di kecamatan Pare, kabupaten Kediri. 

Penjelasan :

Wacana di atas memuat hubungan akibat sebab yang ditunjukkan pada pola khusus-umum (induktif) pada paragraf. Di awal paragraf berisikan kalimat-kalimat penjelas yang juga memuat akibat-akibat yang terjadi karena suatu hal. Selanjutnya pada kalimat utama yang memuat ide pokok di akhir paragraf beriksikan simpulan berupa sebab yang melatarbelakangi akibat yang terjadi pada kalimat penjelas di awal paragraf.   

Selanjutnya perhatikan kembali paragraf akibat sebab pada contoh 3-5 berikut!

Contoh 3 :


Semua kebutuhan akan bahan pokok seketika naik secara drastis pada dua pekan terakhir ini. Beberapa bahan pokok tersebut diantaranya ialah beras, minyak goreng, gula, telur, dan lainnya. Kenaikan harga bahan pokok tersebut juga diikuti oleh naiknya tarif distribusi barang, ekspedisi, dan angkutan umum seperti angkot, bus, ojek, dan lain sebagainya. Para buruh dan karyawan swasta melakukan aksi unjuk rasa guna menuntut upah mereka agar dapat disesuaikan dengan kenaikan harga bahan pokok. Tuntutan mereka bukannya tak beralasan. Sejumlah buruh dan karyawan mengeluh bahwa nominal upah mereka terdahulu saat ini tak lagi mampu mencukupi kebutuhan dasar hidup. Segala kekacauan ini disebabkan karena pemerintah menetapkan kebijakan pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta tarif dasar listrik.  

Contoh 4 :


Pada pekan ini Boni sedang menghadapi masalah serius di sekolahnya. Ia mndapatkan surat peringatan akan dikeluarkan dari sekolah jika melanggar peraturan lagi. Ia juga terkena sanksi tegas berupa pengurangan point yang juga berpotensi dikeluarkan dari sekolah. Setiap hari ia selalu dimarahi oleh guru dan orang tuanya. Teman-temannya pun sedikit banyak menjauh darinya karena tidak ingin terbawa pengaruh buruk Boni. Banyak diantara orang tua wali yang memperingatkan anak-anaknya untuk tidak bergaul dengan Boni. Semua masalah tersebut disebabkan oleh sifat pemalasnya dan seringkali membolos sekolah tanpa ada keterangan yang jelas. 

Contoh 5 :


Rina sedang mengalami gangguan pencernaan. Setiap hari ia mengeluh sulit buang air besar dan sakit di bagian perutnya. Tak hanya itu saja, ia juga mengeluhkan sakit di bagian bibir dan lidahnya akibat sariawan. Tenggorokannya juga terasa panas dan kering. Ia lebih sering merasakan haus dibanding hari-hari biasa. Dari semua keluhan kesehatan tersebut, yang paling terasa menyusahkan adalah gangguan pencernaan yang ia alami. Berbagai macam pengobatan telah ia jalani. Ia juga telah berkonsultasi dengan dokter terkait dengan keluhan yang ia alami. Dokter mengatakan bahwa Rina perlu banyak mengonsumsi buah dan sayur serta mengurangi makanan yang berminyak dan mengandung kolesterol tinggi. Hasil diagnosa dokter mengatakan, keluhan yang Rina alami adalah karena dirinya jarang sekali mengonsumsi serat yang ada pada buah dan sayur. 

Sumber :
http://ruangseni.com/5-contoh-paragraf-akibat-sebab-pengertiannya/

5 Contoh Paragraf Akibat Sebab & Pengertiannya 5 Contoh Paragraf Akibat Sebab & Pengertiannya Reviewed by Ahmad Wibawa on Agustus 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar