4 Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan Terbaru

4 Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan Terbaru - Paragraf argumentasi ialah paragraf yang di dalamnya berisikan penjelasan mengenai gagasan individu atau kolektif terhadap suatu persoalan tertentu dengan upaya untuk meyakinkan pembaca agar memiliki kesepahaman yang sama tentang apa yang disampaikan penulis di dalam teks atau wacana. Paragraf argumentasi didasarkan pada pemikiran yang logis serta didukung oleh data-data yang kuat sehingga hasil penulisannya bersifat otentik dapat dipertanggungjawabkan.

Ciri Paragraf Argumentasi :


1. Gagasan yang disampaikan berupa suatu permasalahan yang menarik dan bersifat kontrovertif.
2. Selain pada kalimat utama berisikan alasan serta data-data penunjang yang dapat dipertanggungjawabkan. Data-data tersebut dapat berupa grafik, statistik, fakta ilmiah, dan lain sebagainya.
3. Pada kalimat penjelas bagian akhir bersisikan kesimpulan yang bersandarkan pada ide pokok dalam kalimat utama di awal paragraf.

Agar lebih jelas, perhatikan beberapa contoh majas argumentasi tentang kesehatan beserta penjelasannya!

Contoh 1 :

Menghisap daun tembakau kering atau dikenal dengan istilah merokok dapat membuka peluang kematian yang cukup besar. Di Indonesia setidaknya terdapat satu orang yang meninggal dunia setiap 10 menit per harinya akibat kebiasaan ini. Jika sebagian besar perokok berpendapat bahwa merokok tidak akan berdampak pada efek kematian secara langsung, nampaknya pendapat tersebut tidaklah tepat. Kita tidak akan pernah tahu pada hitungan hisapan yang keberapa jantung akan mulai berhenti. Kita tidak juga memahami pada jumlah batang rokok yang keberapa paru-paru akan hancur akibat racun nikotin yang memasukinya. Sejumlah dampak-dampak buruk lainnya tentu saja akan menyusul seiring dengan semakin banyaknya batang rokok yang dihisap. Dampak tersebut disebabkan oleh adanya zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya. misalnya saja seperti tar, bahan bakar roket, bahan pemutih lantai, dan lain sebagainya. Karenanya tak mengherankan jika rokok dapat menyebabkan kematian bagi para penikmatnya. 

Penjelasan :

Paragraf di atas memuat gagasan tentang kesehatan yakni bahaya merokok. Pembahasan pada paragraf disampaikan dengan cara menginfomasikan sesuatu sekaligus berupaya untuk mempertahankan peryataan dengan cara menyajikan data-data yang diperlukan. Data-data tersebut berupa fakta ilmiah tentang bahaya merokok serta kandungan zat racun yang terdapat di dalamnya. Meskipun ide pokok terletak di awal paragraf, namun kesimpulan kembali ditegaskan pada kalimat penjelas di akhir paragraf. Hal tersebut merupakan salah satu indikator paragraf argumentasi pada paragraf di atas.  

Contoh 2 :

Buah kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan terutama efeknya dalam upaya pencegahan penyakit jantung dan stroke. Hal ini perlu untuk dikemukakan mengingat buah ini bagi sebagian masyarakat hanya dianggap sebagai pelengkap hidangan berbuka puasa di bulan ramadhan. Beberapa penelitian yang menghasilkan simpulan pada peryataan sebelumnya menunjukkan bahwa buah kurma mengandung senyawa potassium yang cukup tinggi. Potassium sangat andil dalam membantu mencegah penyakit stroke dan jantung. Faktor penyebab utama munculnya serangan jantung dan stroke adalah adanya kolesterol LDL dengan jumlah berlebih yang tersimpan di dalam tubuh. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma dalam rangka memproteksi diri dari serangan penyakit stroke dan jantung. Disamping itu perlu juga untuk berolah raga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas berisikan penjelasan berupa manfaat yang terdapat di dalam buah kurma. Penjelasan diutarakan dengan gaya penyampaian yang informatif dan lugas. Disamping itu pada penulisan kalimat-kalimatnya juga terdapat upaya untuk menyakinkan serta mempertahankan pendapat dengan menyajikan beberapa fakta ilmiah dari gagasan yang di usung. Hal tersebut mengindikasikan unusur paragraf argumentasi pada paragraf contoh nomor 2. 

Selanjutnya perhatikan kembali contoh paragraph argumentasi pada contoh 3 -4 berikut!

Contoh 3 :

Berjalan kaki seringkali dianggap sebagai sebuah aktivitas yang sangat biasa dan tidak berefek apa-apa bagi kesehatan. Bahkan bagi sebagaian orang, berjalan kaki secara tidak langsung menunjukkan sebuah keadaan kondisi keuangan seseorang yang sedang tidak baik. Padahal berjalan kaki memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya ialah membantu menghimpun oksigen dalam tubuh, membantu memelihara kesehatan jantung, mencegah penyakit kanker, mencegah diabetes, memelihara daya ingat pada otak, sebagai antidepresan, mengurangi lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan masih banyak lagi. Sebagian besar masyarakat yang tidak dalam kondisi bugar adalah berasal dari kalangan para pengendara baik roda dua ataupun roda empat. Sebaliknya, para pejalan kaki senantiasa terjaga kebugaran tubuhnya. Hal tersebut dikarenakan aktivitas keseharian yang menunjang tubuhnya untuk selalu sehat yang tak lain adalah dengan berjalan kaki.

Contoh 4 :

Pola makan yang sehat adalah sebuah pengaturan tentang jumlah, jenis, serta nutrisi dari makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari. Banyak yang mengatakan bahwa pola makan tidaklah berpengaruh apa-apa bagi kesehatan tubuh. Pendapat demikian tidaklah benar adanya. Pola makan sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita. Jika pola makan tidak benar, maka kesehatan tubuh akan terganggu. Pengaturan jumlah makan sangat erat kaitannta dengan kuantitas makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya kuantitas makanan yang dikonsumsi tidak melebihi kapasitas lambung di dalam perut. Ada baiknya jika memulai makan sebelum benar-benar terasa lapar dan berhenti makan sebelum mulai terasa kenyang. Hal ini dapat menghindari terjadinya kelebihan kapasitas lambung terhadap jumlah makanan yang tentu akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Begitu pula dengan jenis makanan, sangat diperlukan untuk memilih jenis makanan yang sehat diantaranya adalah dari jenis buah dan sayuran. Selain itu perlu juga untu mengurangi konsumsi makanan dengan kadar kolesterol serta lemak yang tinggi. 
  
Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-dan-contoh-paragraf-argumentasi-tentang-kesehatan-lingkungan-dan-pendidikan.html
4 Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan Terbaru 4 Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan Terbaru Reviewed by Ahmad Wibawa on Agustus 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar