Paragraf Padu dan Tidak Padu - Pengertian dan Contoh

Paragraf Padu dan Tidak Padu - Pengertian dan Contoh - Paragraf merupakan sebuah rangkaian kalimat yang mengusung sebuah gagasan atau ide pokok tertentu. Sebuah paragraf haruslah memenuhi syarat kepaduan, kelengkapan, serta kesatuan agar menjadi sebuah paragraf yang baik. Pada cakupan pembahasan ini akan lebih terfokus pada syarat kepaduan berkenaan dengan definisi serta contohnya. Selain itu pembahasan juga akan mengarah pada paragraf tidak padu beserta contohnya.

A. Paragraf Padu 


Paragraf padu adalah suatu kumpulan kalimat yang terhubung dengan susunan pemaknaan yang dapat diterima oleh akal sehat, teratur, efektif, dan efisien. Ketika hendak menyusun sebuah paragraf padu haruslah memenuhi unsur tersebut. Pada umumnya dalam menjalin keterhubungan antar kalimatnya, paragraf padu seringkali menggunakan kata hubung (konjungsi) di dalamnya seperti misalnya “oleh sebab itu,” “oleh karena itu,” “terlebih lagi,” “namun,” dan lain sebagainya.

Contoh 1 :

Ekonomi syariah adalah sebuah cabang keilmuan sosial yang menekuni persoalan perekonomian keseharian masyarakat baik secara makro ataupun mikro. Ekonomi syariah juga dapat dikatakan sebagai sebuah sistem sebagaimana halnya sistem perekonomian lainnya yang dewasa ini lebih banyak diterapkan. Jika ditinjau dari sisi penerapan sistemiknya, tentu sistem ekonomi syariah sangat berbeda dari sistem perekonomian lainnya semisal kapitalisme, Negara kesejahteraan, sosialisme, dan lain sebagainya. Ekonomi syariah sangat menentang adanya eksploitasi dari kaum pemilik modal terhadap para pekerja atau buruh. Sistem ini juga melarang perilaku menumpuk harta kekayaan yang pada umumnya di ada pada ajaran kapitalis. Ekonomi dalam perspektif islam adalah sebuah tuntutan kehidupan yang mengacu pada kesejahteraan umat, bukan pribadi atau golongan. Nampaknya sistem ekonomi dengan nilai-nilai keislaman ini perlu untuk disosialosasikan lebih jauh kepada masyarakat dunia. Hal ini dilakukan salah satunya adalah untuk kesejahteraan bersama tanpa adanya golongan yang diuntungkan dari penindasan ekonomi terhadap kaum yang lemah.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas menjelaskan tentang sistem ekonomi syariah. Penjelasan disampaikan dengan sistematis, efektif, dan efesien. Selain itu tidak terdapat pemborosan kata atau penggunaan kata-kata yang tidak perlu dalam penulisannya. Oleh karenanya Paragraf di atas dapat dikatakan sebagai contoh penulisan paragraf padu.

Selanjutnya perhatikan kembali paragraf padu pada contoh 2 berikut!

Contoh 2 :

Padi atau oryza sativa L. adalah tanaman yang menjadi cikal bakal makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar penduduk dunia. Sampai saat ini, padi masih menjadi tanaman penting yang dibudidayakan di sebagian besar wilayah di dunia terutama di Asia. Bagi masyarakat Indonesia, padi adalah salah satu dari komoditas terpopuler. Terbukti dengan banyaknya area persawahan yang sangat mudah dijumpai diseluruh bagian wilayah Negara tersebut. Padi yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi beras dan nasi ini tak hanya bermanfaat sebagai asupan karbohidrat utama bagi tubuh. Tanaman ini juga sangat berguna bagi kesehatan yakni dalam hal pencegahan gangguan pencernaan serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal tersebut tentu tidaklah mengherankan, mengingat tanaman ini mengandung berbagai nutrisi serta manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam tanaman padi diantaranya ialah lemak, protein, kalori, karbohidrat, kalsium, niacin, dan masih banyak lagi.

B. Paragraf Tidak Padu


Paragraf tidak padu adalah paragraf yang tidak mengutamakan adanya unsur kelogisan, kefektifan, serta efisiensi dalam paragraf. Di dalam paragraf tidak padu seringkali ditemukan kalimat-kalimat yang melenceng jauh dari gagasan yang sedang dibahas.  Agar lebih jelas, perhatikan paragraph tidak padu berikut ini!

Contoh 3 :

Membangun rumah dengan type dan gaya minimalis amatlah cocok untuk diterapkan di wilayah perkotaan yang notabene tidak tersedia lahan yang luas. Selain itu desain rumah dengan gaya minimalis juga memiliki nilai artistik dan estetika tersendiri jika dibandingan dengan desain perumahan pada umumnya. Nilai artistik dan estetika tersebut tentu saja diwujudkan dalam bentuk kesederhanaan yang ada pada desain minimalis. Secara umum dalam mewujudkan desain minimalis, tidak diperlukan banyak hal berkaitan dengan bahan dasar pemberi nilai estetis di dalamnya. Yang diperlukan adalah keterampilan mendekorasi rumah untuk tetap terlihat menarik meskipun tidak tersedia ruang yang luas di dalamnya. Jika tidak memungkinkan, anda tetap bisa mewujudkan rumah estetis anda dengan memilih bahan dasar kayu atau papan. Rumah kayu dan papan juga sangat unik dan langka jika dinilai melaui perspektif kekinian. Dengan demikian, rasanya tidak berlebihan jika rumah dengan desain minimalis menjadi pilihan yang baik untuk masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

Penjelasan :

Paragraf di atas membahas tentang desain rumah minimalis yang cocok untuk wilayah perkotaan. Dalam paragraf tersebut terdapat kalimat yang tidak ada hubungannya dengan gagasan yang disampaikan. Kalimat-kalimat tersebut adalah  “Jika tidak memungkinkan, anda tetap bisa mewujudkan rumah estetis anda dengan memilih bahan dasar kayu atau papan.” Kalimat berikutnya adalah “Rumah kayu dan papan juga sangat unik dan langka jika dinilai melaui perspektif kekinian.”

Perhatikan kembali contoh paragraf tidak padu pada contoh 4 berikut!

Contoh 4 :

Tofan sangat pandai dalam bermain catur. Hobi bermain catur telah ia geluti sejak ia berusia 7 tahun. Kala itu ia memperhatikan kakek dan pamannya bermain catur. Mulai saat itulah ia tertarik untuk mempelajari permaian yang menguras stamina otak tersebut. Suatu ketika Tofan mengikuti seleksi olimpiade catur tingkat SMA. Pada saat itulah ayahnya pulang dari Singapura membawa play station edisi terbaru yang sangat diminati oleh para pecinta game. Tofan dan adiknya sangat senang sekali. Pada seleksi tahap akhir di sekolahnya, Tofan dipercaya untuk mewakili sekolah untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Tahapan demi tahapan telah ia lalui hingga akhirnya Tofan berhasil meraih juara dua olimpiade catur tingkat nasional.

Penjelasan :

Paragraf tidak padu pada paragraf ditunjukkan dengan adanya dua kalimat sumbang “Pada saat itulah ayahnya pulang dari Singapura membawa play station edisi terbaru yang sangat diminati oleh para pecinta game” dan “Tofan dan adiknya sangat senang sekali.” Kedua kalimat tersebut menyimpang jauh dari gagasan yang disampaikan pada paragraf. 

Sumber :
http://ruangseni.com/definisi-contoh-contoh-kalimat-tidak-padu/
Paragraf Padu dan Tidak Padu - Pengertian dan Contoh Paragraf Padu dan Tidak Padu - Pengertian dan Contoh Reviewed by Ahmad Wibawa on Juli 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar