Paragraf Campuran - Pengertian & 5 Contohnya

Paragraf Campuran - Pengertian & 5 Contohnya - Paragraf campuran adalah paragraf yang ide pokok atau gagasan utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf. Pola penyusunan paragraf ini diawali dengan kalimat utama, kemudian dilanjutkan dengan kalimat-kalimat penjelas, dan selanjutnya kembali menekankan ide pokok pada kalimat utama yang terakhir di akhir paragraf. Paragraf campuran juga dapat diartikan sebagai paragraf yang terintegrasikan dengan pola penalaran induktif dan deduktif.

Selanjutnya perhatikan beberapa contoh paragraf campuran berikut: 

Contoh 1 :


Rizka dikenal sebagai siswa yang amat santun dan tekun dalam belajar. Setiap hari sepulang sekolah ia selalu membuka kembali buku-buku pelajarannya meskipun tidak ada tugas dari sekolah. Di waktu dini hari Riska sudah memulai aktivitas belajarnya setelah shalat tahajud sampai menjelang waktu subuh. Pada saat jam sekolah, ia manfaatkan betul-betul untuk belajar dan berdiskusi dengan teman-temannya. Jika teman-temannya tengah menghadapi kesulitan dengan materi pelajaran, dengan rendah hati Riska mencoba membimbing tanpa kesan menggurui sedikitpun. Riska juga dikenal sebagai siswa yang sangat menghormati guru-gurunya. Tak mengherankan jika para guru amat menyayanginya. Riska tak hanya berhasil meraih prestasi yang baik, ia juga disayangi oleh guru dan teman-temannya karena kesantunan dan ketekunannya dalam belajar.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas kalimat utama terdapat pada awal dan akhir paragraf. Ide pokok atau gagasan utama disampaikan dalam kalimat utama di awal paragraf. Kemudian gagasan utama ditegaskan kembali pada kalimat utama di akhir paragraf. Sedangkan kalimat penjelas terletak diantara kedua kalimat utama yakni berada di tengah paragraf yang berfungsi sebagai penjelas serta pendukung gagasan utama yang terletak di awal dan akhir paragraf.  

Contoh 2 :


Ketersediaan lapangan pekerjaan dewasa ini amatlah sulit. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya angka pengangguran di negeri ini setiap tahunnya. Persebaran serta pertambahan jumlah penduduk semakin tinggi tanpa diikuti dengan bertambahnya jumlah lapangan kerja. Kondisi perekonomian negara yang semakin terpuruk turut menambah buruk keadaan. Akibatnya semakin banyak orang yang menganggur. Ditambah lagi dengan tidak produktifnya lulusan perguruan tinggi yang justru hanya menambah daftar angka pengangguran di negeri ini. Dengan demikian tak mengherankan jika lapangan pekerjaan sangat sulit untuk didapatkan.  

Penjelasan :

Kalimat utama pada paragraf di atas adalah “Ketersediaan lapangan pekerjaan dewasa ini amatlah sulit” dan “Dengan demikian tak mengherankan jika lapangan pekerjaan sangat sulit untuk didapatkan.” Kedua kalimat utama di awal dan akhir paragraf tersebut sama-sama mengusung ide pokok atau gagasan utama yang sama pula. Hanya saja kalimat utama di awal paragraf menyajikan gagasan pokok dan selanjutnya ditegaskan kembali oleh kalimat utama di akhir paragraf. Sedangkan kalimat-kalimat lainnya adalah kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan serta mendukung gagasan utama yang terdapat pada kedua kalimat utama pada paragraf. 

Selanjutnya perhatikan kembali paragraf campuran pada contoh 3 – 5 berikut! 

Contoh 3 :


Mengonsumsi buah anggur merah ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terbukti dengan adanya sejumlah kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada buah berwana merah kehitaman ini diantaranya ialah protein, serat pangan, lemak, gula, karbohidrat, tiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat, dan sejumlah nutrisi lainnya. Secara ilmiah buah anggur merah juga dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Beberapa diantaranya adalah gangguan tidur, osteoporosis, sakit kepala, mencegah serangan jantung, menngkatkan kekbalan tubuh, hipertensi, diabetes, dan masih banyak lagi. Berbagai manfaat yang dapat diambil dari mengonsumsi buah anggur secara rutin tidak hanya terbatas pada ketersediaan nutrisi dan gizi yang beragam. Lebih dari itu buah anggur merah ternyata dapat mencegah berbagai macam penyakit. Tak berlebihan rasanya jika buah anggur merah memiliki manfaat yang sangat besar jika dikonsumsi secara rutin. 

Contoh 4 :


Teh hijau memiliki khasiat yang ampuh dalam upaya menurunkan berat badan. Banyak diantara para ahli yang merekomendasikan teh hijau untuk dikonsumsi para penderita obesitas. Teh hijau memiliki kandungan senyawa khusus yang mampu menghambat pergerakan glukosa di dalam sel lemak. Sebuah hasil riset menyebutkan bahwa meminum teh hijau secara rutin setiap pagi dan sore dapat mengurangi timbunan lemak berlebih dalam tubuh. Dengan demikian mengonsumsi teh hijau dapat menjadi pilihan yang sangat baik bagi anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan.

Contoh 5 :


Indonesia adalah negara kepulauan dengan sumber daya alam yang amat berlimpah ruah. Dengan adanya beberapa pulau yang terhubung menjadi satu nesia, maka sudah tentu Indonesia memiliki kekayaan dari hasil laut yang melimpah ruah. Berbagai jenis ikan hidup di wilayah perairan Indonesia. Sebagian besar penduduk di wilayah pesisir, berprofesi sebagai nelayan. Tak heran jika negeri ini disebut sebagai negara maritim. Disamping itu Indonesia dikenal pula sebagai negara agraris dengan hasil perkebunannya yang luar biasa. Sebut saja hasil perkebunannya yang terkenal yakni kelapa sawit, karet, pisang, kayu jati, cendana, dan masih banyak lagi. Belum lagi hasil tambangnya yang berupa emas, perak, seng, tembaga, gas, dan minyak bumi. Dengan demikian rasanya tak berlebihan jika Indonesia dikatakan sebagai salah satu negara dengan cadangan sumber daya alam terbesar dunia. 

Sumber :
http://www.irfansyahputra.web.id/2014/10/pengertian-dan-contoh-paragraf-campuran.html
Paragraf Campuran - Pengertian & 5 Contohnya Paragraf Campuran - Pengertian & 5 Contohnya Reviewed by Ahmad Wibawa on Juli 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar