Gerak Pada Benda - Definisi dan Penjelasannya

Gerak Pada Benda - Definisi dan Penjelasannya - Gerak adalah sebuah perubahan posisi suatu benda dari satu tempat menuju ke tempat lainnya dengan kecepatan tertentu. Suatu benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan tempat kedudukan mendekati atau menjauhi dari keadaan tempat awal benda tersebut sebelum bergerak. Sebagai contoh pada saat seseorang mengendarai sepeda dengan mengayuh pedalnya, maka ban sepeda tersebut akan bergerak dengan cepat. Hal ini akan berbeda ketika kita mendorong sebuah lemari besar dan tinggi. Tentunya lemari tersebut akan berpindah posisi tidak secepat layaknya ban sepeda berputar. Oleh karena itu, benda dapat bergerak karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Macam-Macam Gerak Yang Terjadi Pada Benda


Suatu benda akan mengalami gerak yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk dan permukaan yang berada di bawahnya. Adapun macam-macam gerak yang terjadi pada benda-benda disekitar adalah sebagai berikut :

a. Menggelinding

Menggelinding merupakan gerak suatu benda dengan cara berputar melewati lintasan tertentu hingga berpindah letak keberadaannya. Gerak menggelinding dapat terjadi dengan cepat jika permukaan benda halus dan berbentuk bulat. Dengan demikian benda dapat mengalami gerak secara konstan tanpa ada permukaan yang mempengaruhinya. Contoh dari gerak menggelinding ini dapat diamati gerakan yang terjadi pada kelereng, bola, dan lain sebagainya.

b. Berputar

Berputar merupakan gerak yang dilakukan benda dengan cara berganti arah perputaran dan biasanya pada gerak berputar ini terdapat suatu poros yang menjadi pusat pergerakan dari benda yang mengalami gerak. Ketika benda mengalami gerak berputar yang semakin cepat, maka dapat menghasilkan energi yang semakin besar pula. Gerak suatu benda dengan acara berputar ini dapat diamati pada kincir angin, kipas angin, dan gasing.

c. Memantul

Memantul ialah peristiwa gerak yang terjadi pada benda dengan cara berbalik arah ketika mengenai benda yang padat pada permukaan benda yang bersifat elastis. Sifat dari benda akan jadi tempat pemantulan harus bersifat keras atau padat, sehingga dapat memungkinkan untuk terjadinya gerak memantul. Adapun benda yang dapat mengalami gerak memantul ini meliputi, bola bekel, bola basket, bola tenis, dan bola sepak. Benda yang bersifat elastis tersebut biasanya dapat diamati dari bahan  komposisi dasarnya berupa karet.

d. Jatuh

Jatuh merupakan gerak benda dari permukaan yang tinggi menuju ke bawah yang disebabkan oleh karena adanya gaya gravitasi yang mempengaruhinya. Contoh gerak jatuh pada benda dapat kita amati saat buah kelapa jatuh lepas dari tangkainya, buah apel yang jatuh ke bawah, daun-daunan lepas dari rantingnya ketika musim kemarau tiba.

e. Mengalir

Mengalir hanya dapat terjadi pada jenis benda yang cair dengan lintasan yang berbentuk tinggi dan rendah, sehingga dapat mengalami gerak dengan leluasa. Gerak mengalir ini dapat terjadi pada gerak air sungai yang ingin bermuara, cairan tinta yang dipindahkan dari tempat satu menuju ke tempat lain, dan minyak goreng yang dituang ke dalam botol. Pada gerak mengalir ini dapat memberikan manfaat bagi manusia untuk dapat menikmati indahnya pemandangan alam dilengkapi dengan adanya air terjun.

f. Tenggelam 

Tenggelam merupakan gerak benda yang diakibatkan oleh massa benda lebih besar jika dibandingkan dengan massa zat cairnya. Dengan demikian tidak terjadi keseimbangan massa antara keduanya, sehingga dapat menimbulkan peristiwa tenggelam. Peristiwa tenggelam ini dapat diamati pada kelereng yang dimasukkan ke dalam segelas air dan batu yang dilemparkan ke dalam sungai.

g. Terapung

Terapung adalah peristiwa gerak benda yang terjadi karena massa beban lebih ringan dan massa zat cair lebih besar. Contoh dari gerak benda dengan mengapung ini adalah dapat terjadi pada daun yang jatuh ke permukaan kolam renang dan pelampung seorang nelayan yang digunakan untuk berenang ke dalam laut

h. Melayang

Benda dapat mengalami peristiwa melayang apabila massa benda dan massa zat cairnya memiliki ukuran massa yang sama. Melayang dapat terjadi pada sobekan kertas dimasukkan ke dalam larutan segelas air.

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Gerak Pada Benda


Suatu benda yang dapat bergerak akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Bentuk benda

Bentuk benda yang berada di alam sekitar tentulah sangat berbeda-beda, misal berbentuk bulat, oval, kotak, segitiga, dan lain-lain. Bentuk suatu benda ini sangat mempengaruhi terjadinya suatu gerak. Pada ban sepeda berbentuk lingkaran sehingga dapat memudahkan untuk bergerak dengan cepat. Selain itu, bola berbentuk bulat sehingga dapat memudahkan untuk menggelinding

b. Ukuran benda

Tentunya benda memiliki ukuran yang berbeda-beda antara benda satu dengan yang lainnya. Ukuran benda dapat mempengaruhi kecepatan gerak untuk menempuh jarak tertentu. Contohnya ialah terdapat diantara perbedaan bola pingpong dengan bola basket yang begitu nampak terlihat, yaitu bola pingpong lebih kecil jika dibandingkan dengan bola basket. Selain itu, bola pingpong memiliki massa yang lebih ringan dari pada massa bola basket

c. Permukaan benda

Permukaan benda juga akan mempengaruhi gerak pada suatu benda. Dimana pada permukaan benda ini terdiri dari permukaan halus dan kasar. Benda yang memiliki permukaan halus akan lebih mudah untuk melakukan gerak, sedangkan pada permukaan yang kasar benda akan mengalami hambatan saat bergerak. Artinya, pada permukaan kasar benda akan mengalami gaya gesek yang besar. Permukaan benda yang halus tidak akan dipengaruhi oleh gaya gesek

Sumber : http://www.gurupendidikan.com/gerak-benda-pengertian-macam-faktor-yang-mempengaruhi/
Gerak Pada Benda - Definisi dan Penjelasannya Gerak Pada Benda - Definisi dan Penjelasannya Reviewed by Ahmad Wibawa on Juli 17, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar