Berbagai Peranan Tumbuhan dan hewan Bagi Manusia

Berbagai Peranan Tumbuhan dan hewan Bagi Manusia - Tumbuhan dan hewan yang berada di alam semesta ini tak hanya sebatas pelengkap dari keseluruhan makhluk hidup yang ada. Kedua jenis makhluk hidup tersebut tentu memiliki peranan penting bagi kehidupan terutama pada makhluk hidup bernama manusia. Sebagai contoh kecil misalnya, tumbuhan sangat berguna bagi manusia terutama sebagai sumber pangan dan penghasil oksigen. Begitu halnya dengan hewan yang juga memiliki peranan yang penting dalam kehidupan.  Berikut ini pembahasan mengenai peranan hewan dan tumbuhan dalam kehidupan dalam cakupan kebermanfaatannya terhadap manusia :

A. Peranan Tumbuhan bagi Manusia


1. Sebagai Penghasil Oksigen dan Pembersih Udara

Dalam proses pembuatan makanan, tumbuhan menyerap gas CO2 (karbondioksida) dan selanjutnya menghasilkan gas buang berupa O2 (oksigen) yang sangat penting bagi makhluk hidup lainnya yakni manusia dan hewan untuk bernapas. Selain itu Gas CO2 berserta gas-gas beracun lain yang diserap oleh tumbuhan dan kemudian disubtitusikan menjadi O2 tentu akan menghasilkan udara yang bersih dan sejuk.  

2. Sebagai Salah Satu Sumber Pangan yang Utama

Tumbuhan adalah salah satu dari sumber pangan utama bagi makhluk hidup tak terkecuali manusia. Manusia membutuhkan bahan-bahan makanan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan seperti misalnya beras dari tanaman padi, ketela, sayur-mayur, buah-buahan, dan segala jenis tanaman yang dapat dikonsumsi. Tanpa adanya tanaman sebagai sumber pangan, manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Manusia tak bisa hanya mengandalkan hewan sebagai sumber pangan, mengingat sebagian besar sumber pangan hewan pun berasal dari tumbuh-tumbuhan. 

3. Melindungi dari Sinar Matahari

Pepohonan sangat bermanfaat bagi makhluk hidup tak terkecuali manusia dalam melindungi tubuh dari teriknya sinar matahari. Pohon juga memberikan kesejukan dengan oksigen yang dihasilkannya pada siang hari, sehingga mampu meminimalisais efek radiasi (panas) dari matahari.

4. Sebagai Bahan Dasar Industri, Pakaian, dan Barang Seni

Dalam bidang industri kayu, pohon merupakan bahan dasar yang paling utama. Beberapa jenis pepohonan seperti jati, sengonm mahoni, albasia, dan lainnya sangatlah dibutuhkan sebagai bahan dasar material bangunan. Akan tetapi pemanfaatan bahan dasar kayu ini perlu juga untuk diawasi dalam proses penggunaannya. Mengingat pepohonan dewasa ini semakin habis karena alasan keterbutuhan manusia akan tempat tinggal dan lainnya. Hendaknya para pelaku industri perkayuan juga turut memperhatikan lingkungan hidup. Misalnya saja dengan ikut serta dalam konservasi hutan serta menanam sendiri pepohonan yang akan diproduksi sebagai bahan dasar industri. 

Tumbuh-tumbuhan juga sangat penting untuk memenuhi keterbutuhan manusia akan sandang. Beberapa bahan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pakaian diantaranya ialah kapas, pisang abaka, rami, dan lain sebagainya. Selain itu beberapa tanaman yang terkenal dengan keindahan serta nilai estetik di dalamnya tentu saja dimanfaatkan sebagai penghias di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Beberapa diantaranya adapula yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi semisal tanaman bonsai, gelombang cinta, dan lain sebagainya.

5. Sebagai Bahan Dasar Obat-obatan dan Kosmetik

Beberapa jenis tumbuh-tumbuhan sangat dibutuhkan sebagai bahan utama atau pelengkap racikan obat. Beberapa tanaman obat yang secara umum telah banyak dikonsumsi oleh sebagaian besar masyarakat diantaranya ialah daun jambu, daun kumis kucing, buah naga merah, kulit manggis, daun binahong, daun mahkota dewa, daun sirih, mentimun, dan masih banyak lagi. Adapula beberapa jenis tumbuhan yang secara khusus dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik seperti misalnya tanaman lidah buaya, buah lemon, rumput laut, bengkuang, kulit pisang, dan masih banyak lagi.

B. Peranan Hewan Bagi Manusia


1. Sebagai Sumber Bahan Pangan

Hewan memiliki andil yang  besar dalam menjawab keterbutuhan pangan manusia. Sumber bahan pangan yang berasal dari hewan tentu sangatlah beragam seperti misalnya susu, telur, dan daging. Beberapa jenis hewan secara khusus dikembangbiakkan untuk memenuhi keterbutuhan konsumtif manusia misalnya sapi, kambing, itik, ayam, unta, kerbau, dan masih banyak lagi.

2. Sebagai Penghasil Bahan Pakaian

Pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan dasar ini dapat dipenuhi dengan memanfaatkan beberapa hewan speerti sutera yang dihasilkan oleh ulat sutera, wol yang dihasilkan oleh bulu domba, kulit (buaya, ular, sapi, dan lainnya), dan masih banyak lagi.

3. Sebagai Bahan Baku Obat-obatan

Beberapa organ dalam hewan atau dagingnya seringkali dimanfaatkan manusia sebagai bahan dasar obat-obatan. Misalnya saja cacing tanah untuk mengobati tipus, minyak hati ikan hiu untuk membantu penyembuhan penyakit kanker, dan lain sebagainya.

4. Sebagai Penunjang Aktivitas Manusia

Beberapa jenis hewan ada yang dimanfaatkan tenaganya untuk membantu pekerjaan atau aktivitas manusia. Misalnya saja kuda difungsikan sebagai alat transportasi. Di sebagian wilayah pedesaan, beberapa hewan dimanfaatkan tenaganya untuk menunjang aktivitas pertanian seperti misalnya sapi yang dimanfaatkan sebagai tenaga penarik gerobak dan kerbau untuk membajak sawah. Dalam ruang lingkup rumah tangga, misalnya saja kucing yang berguna untuk memangsa tikus dan anjing sebagai penjaga rumah. Di berbagai Negara tertentu, banyak sekali hewan-hewan yang memiliki manfaat yang luar biasa dalam membantu aktivitas manusia seperti misalnya unta (transportasi), gajah (transportasi), anjing (melacak pelaku kriminal), kera (pelayan), dan masih banyak lagi. 

sumber :
http://dosenbiologi.com/hewan/manfaat-hewan-bagi-manusia
http://manfaat.co.id/manfaat-tumbuhan
Berbagai Peranan Tumbuhan dan hewan Bagi Manusia Berbagai Peranan Tumbuhan dan hewan Bagi Manusia Reviewed by Ahmad Wibawa on Juli 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar