Berbagai Gerak Pada Tumbuhan dan Penjelasan Masing-Masing

Berbagai Gerak Pada Tumbuhan dan Penjelasan Masing-Masing - Ciri umum yang ada pada makhluk hidup salah satunya adalah bergerak. Bergerak dilakukan oleh semua makhluk hidup tak terkecuali pada tumbuhan. Akan tetapi, pergerakan yang dialami oleh tumbuhan amat berbeda jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Manusia dan hewan bergerak dengan aktif (melakukan perpindahan). Sedangkan pergerakan pada tumbuhan dilakukan secara pasif (tidak berpindah). Gerak pada tumbuhan terjadi setelah mendapatkan rangsangan dari luar berupa cahaya matahari, air, gravitasi bumi, zat kimia, dan lain sebagainya. 

Jika didasarkan pada sebab serta asal mulanya, maka gerak pada tumbuhan dapat diklasifikasikan ke dalam dua macam yakni gerak esionom dan gerak endonom. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

A. Gerak Endonom (autonom)


Gerak endonom ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh rangsangan dari dalam tumbuhan. Misalnya saja gerak yang disebabkan oleh berubahnya kadar air yang ada di dalam tubuh tumbuhan yang disebut sebagai gerak higroskopis. Contoh sederhana dari gerak endonom ialah terpecahnya buah turi dan lamtoro dan terbukanya kotak spora yang ada di dalam tumbuhan paku serta tumbuhan lumut.

B. Gerak Esionom (Etionom)


Gerak esionom ialah gerak yang terjadi pada tumbuhan akibat rangsangan yang datang dari luar tubuh tumbuhan. Gerak ini dapat dibedakan ke dalam 3 macam, diantaranya ialah gerak tropisme, gerak nasty, dan gerak taksis. Berikut penjelasannya :

1. Gerak Tropisme

Gerak tropisme ialah gerak yang terjadi akibat pengaruh datangnya sebuah rangsangan dari luar. Gerak ini secara umum dibagi ke dalam dua jenis yakni gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif.  Gerak tropisme postif adalah gerak pada tumbuhan yang mendekati sumber rangsangan. Sedangkan gerak tropisme negatif terjadi apabila gerak tumbuhan menjauhi sumber rangsangan. 

Gerak tropisme secara teknis terjadi pada hampir seluruh bagian pada tumbuhan seperti misalnya daun, akar, cabang, sulur, dan kuncup bunga. Jika didasarkan pada jenis rangsangannya, gerak tropisme dibagi menjadi lima jenis, diantaranya ialah gerak fototropisme, gerak hidrotropisme, gerak geotropisme, gerak kemotropisme, dan gerak tigmotropisme. Penjabarannya adalah sebagai berikut :

a. Gerak Fototropisme

Gerak fototropisme ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh rangsangan cahaya matahari. Misalnya saja yang terjadi pada gerak pertumbuhan tumbuhan yang senantiasa mendekati cahaya matahari.

b. Gerak Geotropisme

Gerak geotropisme ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh rangsang gravitasi bumi. Misalnya saja yang terjadi pada bagian akar tumbuhan yang menjalar vertikal menuju pusat gravitasi bumi.

c. Gerak Hidrotropisme

Gerak hidrostropisme ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh dari sumber air.  Contoh dari gerak tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh air ialah gerakan yang terjadi pada akar tumbuhan yang bergerak menuju sumber air berada. 

d. Gerak Kemotropisme

Gerak kemotropisme ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelangi oleh adanya rangsangan zat kimia. Misalnya saja yang terjadi pada gerak akar tumbuhan yang bergerak menuju sumber zat kimia pupuk berada. 

e. Gerak Tigmotropisme 

Gerak tigmotropisme ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya rangsangan dari gesekan atau sentuhan. Misalnya saja yang terjadi pada tumbuhan anggur, kacang panjang, pare, dan lain sebagainya.

2. Gerak Nasti

Gerak nasty ialah gerak tumbuhan yang arahnya tidak berpengaruh pada datangnya sebuah rangsangan. Dengan kata lain, gerak nasti terjadi secara acak pada tumbuhan. 

Jika didasarkan pada rangsangan yang berpengaruh pada tanaman, gerak nasty dapat digolongkan ke dalam lima macam. Beberapa diantaranya ialah gerak niktinasti, fotonasti, tigmonasti, dan gerak nasty kompleks. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

a. Gerak Fotonasti

Gerak fotonasti ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelangangi oleh adanya pengaruh rangsangan cahaya. Gerak ini dicontohkan oleh tanaman bunga sepatu yang mekar disaat siang hari dan menguncup ketika malam hari. 

b. Gerak Niktisasti

Gerak niktinasti ialah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya pengaruh rangsangan gelap. Gerak niktisasi dicontohkan pada daun polong-polongan yang mengatup saat malam dan gerak bunga wijayakusuma yang mekar saat malam hari.

c. Gerak Tigmonasti

Gerak tigmonasti ialah gerak tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya rangsangan getaran atau sentuhan. Gerak tigmonasti dicontohkan pada tumbuhan putrid malu yang daunnya mengatup ketika mendapatkan sentuhan.

d. Gerak Termonasti

Gerak termonasti ialah gerak pada tumbuhan yang dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh rangsangan suhu. Gerak termonasti dicontohkan pada tumbuhan bunga tulip yang bermekaran ketika suhu naik dan menguncup ketika suhu lingkungan menurun.

e. Gerak Nasti Kompleks

Gerak nasti kompleks ialah gerak yang dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh dari berbagai rangsangan secara bersamaan. Gerak ini dicontohkan pada gerakan membuka serta menutup yang terjadi pada stomata.

f. Gerak Taktis

Gerak taktis ialah gerak pada tumbuhan yang bersifat perpindahan tempat yang disebabkan oleh adanya rangsangan yang datang dari luar tumbuhan. Gerak taktis dikelompokkan ke dalam dua macam yakni gerak kemotaksis dan gerak fototaksis. Gerak kemotaktis ialah gerak tumbuhan yang terjadi akibat pengaruh zat kimia tertentu. Misalnya pada pergerakan spermatozoid menuju kea rah sel telur. Sedangkan gerak fototaksis ialah gerak tumbuhan yang terjadi akibat pengaruh dari cahaya. Misalnya yang terjadi pada tumbuhan euglena yang bergerak menuju arah cahaya berada.

Sumber :
http://www.ebiologi.com/2016/08/macam-gerak-pada-tumbuhan-contoh-gambar.html

Berbagai Gerak Pada Tumbuhan dan Penjelasan Masing-Masing Berbagai Gerak Pada Tumbuhan dan Penjelasan Masing-Masing Reviewed by Ahmad Wibawa on Juli 18, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar