Bagian-Bagian Mata Manusia dan Fungsinya Masing-Masing

Bagian-Bagian Mata Manusia dan Fungsinya Masing-Masing - Seperti yang telah diketahui bahwa setiap jenis makhluk hidup tentunya memiliki beberapa organ yang dapat mendukung untuk melakukan berbagai sistem kerja dalam tubuh. Dari organ-organ tersebut yang tak kalah penting peranannya adalah alat indra penglihatan berupa mata. Letak posisi mata pada manusia adalah pada bagian kepala, sehingga manusia dapat mengamati benda-benda disekitar secara kompleks. Struktur penyusun bola mata tentulah terdiri atas beberapa bagian yang menjadi kesatuan hingga mata dapat melihat dengan sempurna. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagian-bagian mata manusia dan fungsinya, yaitu sebagai berikut :

1. Selaput Putih (Sklera)


Bagian dari permukaan luar mata adalah selaput tipis atau sklera yang terdiri atas zat tanduk. Lapisan tersebut berwarna putih dan memiliki tekstur yang sangat kuat dalam mata. Fungsi dari selaput putih tersebut adalah untuk melindungi struktur mata yang mempunyai sifat permukaan halus. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai lapisan yang dapat membantu dalam mempertahankan bentuk dari bola mata. Beberapa kumpulan dari selaput putih sklera ini akan menjadi kesatuan dan memiliki fungsi yang sama, yaitu dalam bentuk kornea. Dimana kornea yang terdapat dibagian mata manusia merupakan suatu lapisan yang berwarna bening dan transparan. Secara umum fungsi dari kornea adalah sebagai selaput yang dapat menerima cahaya yang akan masuk pada bola mata. Dibagian kornea terdapat selaput tipis dan biasanya dikenal dengan selaput konjungtiya yang elastis. Telah kita ketahui bahwa di dalam mata mengandung air yang dapat digunakan untuk melumasi bagian kornea, sehingga kornea mata akan selalu tetap terlindungi. 

2. Selaput Hitam


Selaput hitam terdapat dibagian lapisan tengah pada bola mata dan mengandung kadar pembuluh darah. Secara umum selaput hitam atau koroid yang terdapat di dalam mata berfungsi sebagai alat transport yang dapat membagikan kandungan nutrisi serta oksigen. Selain itu, selaput hitam berberan juga dalam penyerapan cahaya  dan mengatur jumlah intensitas cahaya yang akan masuk ke dalam bola mata. Di dalam selaput hitam terdapat beberapa bagian yang melengkapi fungsi kerja mata, yaitu sebagai berikut :

a. Iris

Iris merupakan salah satu lapisan yang masih berkelanjutan dengan selaput hitam, hanya saja iris terletak dibagian depan bola mata manusia sehingga terpisah dari selaput hitam. Pigmen yang dapat memberikan warna hitam, biru, coklat, dan hijau  pada bola mata terdapat di iris. Oleh karena itu, iris sering disebut juga dengan selaput pelangi yang mengandung berbagai pigemen warna untuk bola mata.

b. Pupil

Pupil ialah suatu celah cahaya yang berada di sekitar  bagian tengah iris. Fungsi dasar pupil dibagian mata adalah sebagai alat pengontrol jumlah besarnya cahaya yang akan masuk ke dalam mata sebelum terjadinya bayangan benda. Dengan demikian, apabila seseorang berada di ruangan gelap otot-otot yang terdapat di iris akan mengalami kontraksi, sehingga celah yang terdapat di pupil akan melebar dan intensitas cahaya yang akan masuk lebih banyak. Apabila cahaya terang permukaan celah pupil akan menyempit, sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata juga akan lebih sedikit jumlahnya. 

Lensa pada mata mempunyai daya akomodasi. Daya akomodasi ialah sebuah kemampuan untuk menebalkan (cembung) atau menipiskan (cekung) lensa mata. Menebal atau menipisnya lensa mata sangat ditentukan oleh jarak benda yang terlihat. Jarak benda yang mampu dilihat oleh mata yang normal dengan kondisi jelas dinamakan dengan titik dekat mata. Jarak titik jauh yang ada pada mata normal tidak terhingga.

c. Selaput Jala

Retina adalah lapisan terdalam yang terdapat pada mata yang amat peka terhadap cahaya yang datang. Retina mempunyai sel-sel saraf yang berupa bintik kuning dan juga bintik buta. Penjelasannya adalah berikut :

- Bintik Kuning

Bintik kuning adalah bagian dari retina yang memiliki sifat paling peka terhadap cahaya. Hal tersebut disebabkan oleh sifat alamiahnya sebagai tempat berkumpulnya sel-sel saraf yang memiliki bentuk seperti batang dan kerucut. Fungsi dari sel kerucut atau batang ini adalah :

- Sel kerucut berfungsi untuk melihat suatu obyek di tempat yang diterangi cahaya.

Sel batang memiliki fungsi untuk melihat suatu obyek di tempat yang tidak terdapat cahaya (gelap).

Organ Mata Luar dan Fungsinya


Secara umum fungsi dari organ mata pada bagian luar adalah untuk melindungi mata dari berbagai jenis ancaman yang tidak diperkirakan. Adapun organ mata pada bagian luar ini, yaitu sebagai berikut :

a. Bulu Mata

Letak bulu mata ini sangat dekat sekali dengan mata, sehingga fungsi dari bulu mata tersebut adalah sebagai penyaring cahaya yang akan masuk menuju bola mata

b. Kelopak Mata

Kelopak mata merupakan bagian yang dapat membuka dan menutup serta berfungsi sebagai pelindung mata jika terdapat sesuatu yang mengganggu mata, sehingga dapat dengan sendirinya menutup.

c. Alis Mata

Letak dari alis mata ini adalah dibagian atas kelopak mata dan berfungsi untuk menahan air atau keringat yang akan memasuki mata secara langsung.

Sumber : 
http://genggaminternet.com/bagian-bagian-mata-dan-fungsinya/
Bagian-Bagian Mata Manusia dan Fungsinya Masing-Masing Bagian-Bagian Mata Manusia dan Fungsinya Masing-Masing Reviewed by Ahmad Wibawa on Juli 14, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar